Rabu, 28 Desember 2016

PENOMENA OM TELOLET OM

Ahmad Rais     Desember 28, 2016    

MENANGKAP MAKNA OM TELOLET OM

Hal sederhana dimulai dari anak-anak kecil di daerah Jepara mengapa bisa mendunia. Mengapa harus dari anak-anak kecil?Mengapa dari Jepara?
Saya mencoba mengulas bermodalkan metodologi ilmu titen dari almarhum bapak. Malam Jumat saya lihat di YOUTUBE anak-anak kecil pada berteriak OM TELOLET OM dan betapa girangnya saat  klakson Bus berbunyi. Saya ulang berkali-kali untuk menangkap Simbol dari yang diteriakkan, pasti ada pesan dikaitkan dengan fenomena sekarang. terus saya dengarkan berulang-ulang, seolah ada sesuatu yang ingin diteriakkan kepada orang dewasa. Seolah-olah teriakannya berubah menjadi OM TOLERANSI OM....

Dibalik trend pasti ada suatu simbol yang disampaikan dan ini secara ilmiah bisa ditangkap dengan metode SEMIOTIC. Saat sekarang ini, dimana orang dewasa hanyut dalam arus INTOLERANSI,  gemar menyuarakan semangat Sektarianisme dan Primodialisme, bahkan lupa bahwa dulu pernah dibesarkan oleh Guru/Dosen yang berbeda agama, teman yang mendewasakan beragamanya juga berbeda, bahkan tetangga yang baik yang mengenalkan nilai kehidupan agamanya juga belum tentu sama.
Keindahan tersebut terobek, tersayat, tercabik karena sesuatu kepentingan Politik yaitu KEKUASAAN DUNIA.

Teriakan anak-anak yang masih murni, adalah teriakan bagi kaum DEWASA untuk mengutamakan TOLERANSI, karena keindahan hidup bisa tercipta jika ada Toleransi. Dan saat nilai toleransi diwujudkan, disitulah ada kegirangan bagi jiwa-jiwa yang mempunyai kehendak baik seperti kerumunan anak kecil tersebut.
Mengapa dari JEPARA...ya kota kecil itu adalah kota pengubah, dari gelap terbitlah terang. Jadi saya menangkap simbol OM TELOLET OM adalah simbol yang mempunyai makna kekinian agar kita meneriakan TOLERANSI dan menjunjungnya sebagai nilai luhur dalam berbangsa dan bernegara.

0 komentar :

About us

Common

FAQ's

FAQ's

© 2011-2014 I K A M I. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.